Tingkatkan Hasil Pertanian

Tingkatkan Hasil Pertanian

Bupati Serahkan Bantuan Alsintan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Bupati Kaur Gusril Pausi SSos, berharap bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat yang telah disalurkan kepada sejumlah kelompok tani, dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Hal ini disampaikan bupati saat menyerahkan bantuan 252 unit Alsintan kepada Kelompok Tani (Koptan) Kaur di halaman Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur, Selasa (2/10).

“Saya berharap Alsintan ini bisa membantu dan mempermudah semua proses bertani. Terpenting juga bagaimana dengan Alsintan ini bisa meningkatkan hasil pertanian para petani kita,” kata Bupati dalam sambutannya, kemarin (2/10).

Dikatakan bupati, bantuan Alsintan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Kaur dalam meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di wilayah Kabupaten Kaur. Kedepan ini diharapkan dapat dimanfaatkan para petani untuk pengelolaan lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian di Kabupaten Kaur. Bupati juga berpesan agar bantuan yang sudah diterima oleh petani agar dapat dipelihara dengan baik agar bisa digunakan lebih lama.

“Kita pemerintah akan selalu membantu memajukan pertanian di Kaur ini. Juga para petani yang mendapatkan bantuan agar digunakan semaksimal mungkin, dan alat ini dirawat dengan baik dan jangan sampai diperjualbelikan,” pesan bupati.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kabupaten Kaur, Nasrur Rahman SHut MSi, juga menyampaikan, bahwa bantuan Alsintan merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian 2017 dan 2018. Ia meminta kepada kelompok tani yang menerima hibah alat mesin pertanian ini. Harus berani mempertanggungjawabkan penggunaannya. Setidaknya dalam perawatan, dan memaksimalkan penggunaannya, dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

“Diharapkan ke depan, mudah-mudahan alat ini digunakan semaksimal mungkin, dalam rangka menunjang program pemerintah khususnya pemerintahan pusat. Karena masyarakat Kaur ini rata-rata menghandalkan hidup dari bertani,” ujarnya.

Ditambahkanya, Alsintan yang dibagikan ini sebanyak 252 unit dan teridiri dari 13 jenis, yakni berupa excavator 1 unit, traktor 6 unit, rice transplanter 46 unit, pompa air, 18 unit, hand sprayer 40 unit, corn seller 6 unit, power tresher 7, power trseher multiguna 14 unit, combine kecil 3 unit, kultivator 5 unit, alat tanam jagung 8 unit, dan cobine harvester besar 3 unit. Bantuan itu merupakan usulan kelompok tani di tahun 2017 ini.

“Setiap kelompok itu menerima jatah satu Alsintan, dan ini yang menerima harus mempunyai kelompok tani. Untuk kelompok yang belum dapat akan kita usulkan tahun depan, dan kita berharap bantuan ini dapat memberikan dorongan kepada petani Kau,” harapnya.

Dalam acara penyerahan Alsintan di halaman Dispertan Kabupaten Kaur sekitar pukul 09.00 WIB kemarin, hadir Sekda Kaur Nandar Munadi, Perwakilan Kadis Pertanian Provinsi Helmi Yuliandri SP MT, para Koptan serta beberapa kepala OPD dilingkungan Pemkab Kaur.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: